RSS

Wirelles g’ Terdetek oleh Ubuntu

23 Okt

Assalamu’alaikum….

Tulisan ini Gue buat berdasarkan pengalaman gue sendiri, gue beli laptop tros gue install Ubuntu di laptop, awalnya sih kgk ada masalah apa-apa, sampai suatu hari gue pergi ke Warkop yang ada wifi, baru beberapa saat gue duduk lalu pelayan datang N membawa secarik kertas yang berisi menu-menu makanan, tros gue cari makanan N minuman yang ekstra murah (hitung-hitung tuk hemat dana he…he…he…). Akhirnya setelah lama memilah n memilih, Dapet deh makanan yang gue cari  yaitu secangkir Teh Hangat + Nasi Goreng Kampoeng (langsong pesan…..)🙂.

Nah sambil menunggu pesanan datang Gue buka tas tros keluarkan laptop (mO jalan-jalan dunia maya bentar), Weiiiikkkk…..Alangkah terkejutnya daku, laptop kgk mo deteck Wirelles ne warkop, gue otak atik settingan wirelles di ne laptop, juga g’ada perubahan😕, karna kesel gue install ulang aja Ubuntunya #-o, habis install ulang juga kgk mo deteck, GGrrr…….Prasaan kesel + geram dah nyampur aduk semua,,, #^%*&^*(&()………….

Hah, akhirnya datang juga pesanan gue (lumayan lama siapnya). gue abisin cepat-cepat tu makanan tros gue pulang, lalu malamnya gue langsung hubungi Dosen gue (master linux lho…). di bilang ma dosen gue, driver wirelles laptop gue kgk di dukung ma ubuntu (ada masalah pribadi x antar perusahaan), jadi solusinya gue di suruh install Ndiswrapper, setelah gue install N setting-setting besoknya gue pegi lagi ke Warong maren, tapi cuma pesan Teh Hangat (biar tambah murah, he,…he…he…). Dam-dam!!!…. Alangkah senangya hatiku, ternyata udah mau konek……

Nah, cukup sampe di situ ja ya ceritanya, mungkin kalian dah kesel + sebel, karna klamaan baca ocehan gue he..he…he…

langsong ja masok ke topik yang kalean tunggu-tunggu yaitu cara setting Ndiswrapper, sebelumnya kalian harus mempersiapkan file Driver wifi card Windows (yang ada dalam CD driver bawaan laptop biasanya berekstensi .INF ne contoh driver punya laptop gue bcmwl6.inf ).

1. Install paket-paket Ndiswrapper : $ sudo apt-get install ndiswrapper-common ndiswrapper-utils

2. Copy file bcmwl6.inf tadi ke harddisk

3. Buka Terminal lalu masuk ke folder tempat anda meletakkan file driver tadi dan ketikkan perintah : $ sudo ndiswrapper -i [nama_driver].INF

4. Untuk melihat apakah driver sudah terinstal dengan benar di sistem ketikkan perintah : $ sudo ndiswrapper -l

5. Selanjutnya masukkan Ndiswrapper ke dalam modul agar dapat di load ketika pertama kali booting, ketikkan perintah : $ sudo ndiswrapper -m

6. Agar tidak terjadi konflik dengan driver bawaan Ubuntu, matikan driver bawaan ubuntu dengan mengetikkan perintah : $ echo ‘blacklist bcm4310’ | sudo tee -a /etc/modprobe.d/blacklist

7. Restart komputer

Nah!!…Sekarang sudah beres, kalo langkah-langkah yang kalian lakukan bener, Gue yakin bisa. O iya…pada saat itu gue menggunakan laptop Lenovo 3000 G410, driver wifinya Broadcom.

Sekian dulu, dah Caaapeeekkkk ngeetikkk dari tadi………..

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 23, 2010 in Ubuntu

 

Tag: , , , , , ,

4 responses to “Wirelles g’ Terdetek oleh Ubuntu

  1. jaz

    Oktober 28, 2010 at 9:05 pm

    nice post d00d !!!:mrgreen:

     
  2. irhas

    Mei 11, 2011 at 4:33 pm

    di Additional Driver kan ada biasanya si Broadcom,yg paling gak bershabat adalah Realtek

     
    • Raja Molor

      Mei 14, 2011 at 12:58 pm

      wah, kgk tw juga tu, tp kmaren laptop ane sama beberapa laptop kawan yg drivernya si broadcom, tetep kgk mo detek tu….
      harus bersusah payah dulu baru mau🙂
      Tp Kayaknya untuk ubuntu 11.04 ne udah terdeteck tu si broadcom….

       

Tinggalkan Balasan

 
